SELAMAT DATANG DI BLOG JUAL BELI BARANG DAN JASA JAMBI GEO LISTRIK JAMBI

GEO LISTRIK JAMBI

Jasa Geolistrik, logging,sondir.


A.  APA YANG DIMAKSUD GEOLISTRIK
Geolistrik adalah sarana penyelidikan untuk menunjang pengeboran airtanah. Dilaksanakan sebelum diadakan pengeboran dengan methode Schlumberger yaitu dengan cara memanfaatkan sifat kelistrikan terhadap formasi batuan terhadap arus listrik yang diinjeksikan searah ke dalam bumi melalui dua elektroda arus pada dua titik permukaan bumi. Kedua elektroda potensial ditempatkan berdasarkan susunan konfigurasi elektroda tertentu. Untuk kajian yang tepat studi ini adalah konfigurasi Schlumberger. Konfigurasi elektroda Schlumberger menempatkan susunan elektroda dimana dua elektroda (MN) ditempat diantara dua elektroda arus (AB). Pada saat pengukuran, elektroda arus (AB) dan elektroda potensial (MN) akan dipindah sesuai dengan jarak yang telah ditentukan, yaitu  jarak elektroda (MN/2)< 1/5 jarak elektroda arus (AB/2).

Geo listrik pekanbaru
Karena dengan geolistrik ini yang akan mengetahui kondisi bawah tanah suatu lahan yang akan diadakan pengambilan airtanah atau dilaksanakan pengeboran. Adapun hasil yang disajikan dari survey atau pendugaan geolistrik itu sendiri adalah :
-  mengetahui arah sebaran airtanah menurut susunan batuannya
-  mengetahui ketebalan akuifer (batuan yang dapat menyimpan air) sebagai sumbernya.
- mengetahi gambaran sementara kualitas airtanah yaitu warna kuning atau karat (Fe),air payau dan air asin (Cl).
-   menetukan kedalaman pengeboran.
-   Dan untuk  Pertimbangan memperhitungkan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

B.  APA YANG DISEBUT GEOLOGIST

Geologist adalah seorang ahli di bidang pengamatan batuan, biasanya dalam pengeboran skala besar atau beberapa titik sumur di lahan yang luas. Ahli geologist inilah yang akan memperkirakan batuan bawah tanah yang akan dijumpai setelah pengeboran berlangsung. Geologist dapat dipergunakan bilamana perlu saja.

C. APA ITU ANALISIST

Mungkin khalayak umum  sedikit – banyak sudah mengetahuinya apa tugas seorang        analisist, analisist adalah bagian tersendiri yang meneliti kwalitas air dari hasil pengeboran itu sendiri secara ilmiah dengan alat-alat laboratorium. Bagian analisist ini sering diperlukan pada saat menemui daerah-daerah rawan air. Rawan air yang dimaksud adalah apabila air dari hasil pengeboran berwana, berbau dan berasa.
jual barang dan jasa pekanbaru

D.  DISEBUT DEEP WELL ( SUMUR DALAM) LOGGING ADALAH

Pengukuran WellLogging sangat penting dan harus diadakan setelah pengeboran selesai dan proses pengukuran deep well logging sebelum dipasang casing (pipa jambang/paralon). Guna Deep Well Logging yaitu untuk mengetahui perlapisan tanah dan batuan yang terdapat pada dinding sumur bor yang mampu menyimpan dan mengalirkan air kedalam lubang sumur bor.
Pengukuran dilakukan persatu meter, sehingga akan lebih terperinci untuk mengetahui letak dan ketebalan formasi yang tersusun pada dinding sumur tersebut.
Terutama lapisan pembawa air yang disebut akuifer, seperti pasir, lava vesikuler, endapan lahar, tufa pasiran, lempung pasiran, dan lain sebagainya.
Setelah kita ketahui posisi akuifer dan ketebalannya, kita akan lebih mudah dan tepat dalam menentukan letak saringan untuk penyadapan air pada dinding sumur bor sehingga dengan maksimal tanpa halangan air masuk dalam sumur bor
Kebutuhan air merupakan kebutuhan pokok semua kehidupan, baik untuk kebutuhan sehari-hari, pertanian, perindustrian, peternakan, perkebunan, home industri dan lain-lain. Karena pertumbuhan penduduk semakin meningkat, kebutuhan air juga ikut meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan air tersebut diharapkan dengan cara melakukan pengeboran dalam.


WA :0853 55048600

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GEO LISTRIK JAMBI"

Posting Komentar